Jumat, 23 Desember 2016

Bahaya Dan Efek Samping Penebalan Dinding Rahim

Bahaya Dan Efek Samping Penebalan Dinding Rahim

Selamat datang di situs kesehatan solusialamikesehatanwanita.blogspot.co.id, disini kami akan membahas informasi seputar kesehatan pada wanita.

Bahaya Dan Efek Samping Penebalan Dinding Rahim


Bahaya Dan Efek Samping Penebalan Dinding Rahim - Pada umumnya penebalan dinding rahim biasa dialami oleh kaum wanita yang terjadi pada masa menopause karena pada saat itu proses menstruasi pada wanita berhenti.

Jika tubuh wanita memiliki banyak  hormon estrogen tanpa diimbangi dengan hormon progesteron, wanita dapat mengembangkan hiperlasia endometrium atau penebalan dinding rahim. Pada kebanyakan kasus jika penebalan dinding rahim dibiarkan berkembang dapat mengakibatkan gangguan kesuburan, kista ovarium, radang panggul hingga kanker rahim.


Kebanyakan penyakit penebalan dinding rahim jika dibiarkan akan menagalami gangguan yang serius dan perlu penanganan medis serta rutin cek kesehatan vagina. Adapun penyakit lain yang dapat ditimbulkan oleh penyakit penebalan dinding rahim termasuk :

Sakit Kista ovarium

Kista ovarium merupakan penyakit yang terjadi pada bagian luar rahim yang mengalami peradangan atau pembesaran. Penyakit kista ovarium terjadi karena adanya gangguan pada organ reproduksi dan dapat disebabkan karena tumbuhnya pada jaringan endometrium pada luar rongga rahim atau disebut penebalan dinding rahim.

Gangguan kesuburan



Gangguan penyakit penebalan dinding rahim sangat berpengaruh pada kesuburan wanita itu karena vagina organ yang sangat dibutuhkan untuk bereproduksi . Data statistik pun menyebutkan bahwa 5 persen perempuan di dunia atau sekitar 15.000.000 perempuan mengalami gangguan penebalan dinding rahim, Bahkan sepertiga dari masalah ketidaksuburan pada wanita diakibatkan oleh penebalan dinding rahim.

kemungkinan yang terjadi apabila penyakit penebalan dinding rahim semakin parah dapat mengakibatkan kemandulan pada wanita. 

Radang panggul

Radang panggul (PID) adalah infeksi pada organ reproduksi wanita. Ini biasanya terjadi ketika bakteri menular seksual menyebar dari vagina ke rahim, saluran tuba atau ovarium. Salah satu penyebab radang panggul adalah bakteri pada penyakit menular seksual (PMS) seperti chlamydia (klamidia) dan kencing nanah (gonore) beberapa bakteri ini yang biasanya menyebabkan leher rahim terinfeksi. 

Kanker Rahim


Penyakit ini umumnya menyerang sel-sel yang membentuk pada bagian dinding rahim, yang berakibat terjadinya pembengkakan pada bagian rahim. Kanker rahim disebabkan oleh virus human papilloma virus (HPV)  yang menyerang bagian luar dan dalam rahim. 

Untuk penyakit kanker rahim gejala yang ditimbulkan sama, seperti pendarahan setelah menopause dan nyeri selama berhubungan seksual, namun karena gejala yang ditimbulkan dari penyakit kanker rahim dianggap umum maka perlu dideteksi secara dini untuk memastikan apakah itu kanker rahim atau bukan. 

Setelah mengetahui berbagai jenis penyakit yang ditimbulkan dari penebalan dinding rahim, penting untuk memahami dan mewaspadai bahaya yang ditimbulkan dari penebalan dinding rahim.

Untuk mengobati dan mencegah dari dampak yang lebih parah dari berbagai penyakit yang ditimbulkan oleh penebalan dinding. Baca juga tautan dibawah ini :



Share:

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.