Minggu, 25 Desember 2016

Hormon Yang Menyebabkan Penebalan Dinding Rahim

Selamat datang di situs kesehatan solusialamikesehatanwanita.blogspot.co.id, disini kami akan membahas informasi seputar kesehatan pada wanita.

Hormon Yang Menyebabkan Penebalan Dinding Rahim

Hormon Yang Menyebabkan Penebalan Dinding Rahim - Penebalan dinding rahim atau hiperplasia endometrium terjadi ketika endometrium dan lapisan rahim, menjadi terlalu tebal.

Hal ini terjadi karena tubuh wanita menghasilkan terlalu banyak estrogen dan progesteron tidak cukup, namun penebalan yang terjadi di rahim bukan kanker atau abnormal tetapi dalam beberapa kasus, penebalan dinding rahim dapat menyebabkan kanker rahim.

Banyak wanita dapat mengembangkan hiperplasia endometrium, Kondisi ini terjadi ketika ada terlalu banyak hormon estrogen dan kurangnya progesteron dalam tubuh wanita, yang terjadi jika tidak ada ovulasi.

Estrogen dan progesteron adalah hormon yang disekresi oleh ovarium yang mengontrol pertumbuhan dan penumpahan lapisan rahim.

Estrogen menyebabkan pertumbuhan lapisan rahim dan progesteron mengimbangi pertumbuhan ini. jangka panjang produksi dilawan estrogen menyebabkan pertumbuhan berlebih dari dinding rahim dan menyebabkan hiperplasia endometrium.

Kelebihan estrogen menyebabkan pertumbuhan berlebih dari sel-sel endometrium dan tidak seimbangnya hormon dalam tubuh yang dapat menjadi faktor risiko menyebabkan penyakit kanker.

Jika penderita penebalan dinding rahim memiliki hiperplasia atipikal maka resiko terkena penyakit kanker rahim meningkat, hal itu disebabkan karena meningkatnya jumlah sel yang dapat mengakibatkan penebalan dinding rahim meningkat.

Menurut American Congress of Obstetricians dan Gynecologists, atau ACOG " Hiperplasia atau penebalan, endometrium, paling sering disebabkan oleh kelebihan hormon estrogen tanpa progesteron "

Seperti yang dikutip dari Sympto-termal Metode Stuff bahwa " hormon estrogen yang bertanggung jawab untuk beberapa perubahan yang terjadi selama siklus dalam tubuh "

Hormon wanita yang paling utama, yang bertanggung jawab untuk beberapa perubahan yang terjadi selama siklus, fungsinya untuk membentuk organ-organ kewanitaan, menjaga fungsi reproduksi wanita dan estrogen membantu mengontrol siklus menstruasi. 

Hormon estrogen disekresikan dalam jumlah yang meningkat oleh folikel ovarium berkembang dalam waktu menjelang ovulasi. Sekresi estrogen ini bertanggung jawab untuk penebalan awal dari lapisan rahim.

Pada wanita, estrogen diproduksi terutama dalam ovarium; itu juga diproduksi oleh sel-sel lemak dan kelenjar adrenal. Pada masa pubertas, estrogen memainkan peran dalam pengembangan disebut karakteristik seks sekunder, seperti payudara, rambut kemaluan dan rambut ketiak.

Selama kehamilan, plasenta memproduksi estrogen, khususnya estriol hormon. Estrogen mengontrol laktasi dan perubahan lain dalam payudara, termasuk di masa remaja dan selama kehamilan.

Selain faktor hormon yang dapat menyebabkan penebalan dinding rahim, ada juga faktor lain yang dapat menyebabkan terjadinya penebalan dinding rahim, seperti : 

  • Sejarah pribadi kondisi tertentu, seperti diabetes mellitus, sindrom ovarium polikistik, penyakit kandung empedu, atau penyakit tiroid. Kegemukan
  • Merokok
  • Riwayat keluarga ovarium, usus, atau kanker rahim
  • Usia dini saat menstruasi dimulai
  • Usia yang lebih tua saat menopause
  • Usia yang lebih tua dari 35 tahun

Semoga informasi dari kami bermanfaat. Terima kasih

baca juga artikel lainnya :

Share:

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.