Minggu, 11 Desember 2016

Jenis Penyakit Yang Dapat Menyerang Wanita

Selamat datang di situs solusialamikesehatanwanita.blogspot.com, disini kami akan memberikan informasi lengkap seputar kesehatan wanita. 

Beberapa Penyakit Pada Wanita

 Jenis penyakit yang dapat menyerang wanita

Jenis Penyakit Yang Dapat Menyerang Wanita - Beberapa penyakit umumnya dialami oleh kaum wanita, namun wanita biasanya tidak peduli dengan keadaan tersebut, karena di era modern seperti ini banyak wanita yang menjadi pekerja, enterprener, bisniswomen dll, seakan para wanita terlalu sibuk untuk mengurusi kesehatannya sendiri.

Pada beberapa kondisi tertentu, terdapat beberapa jenis penyakit yang dapat menyerang wanita yang jika dibiarkan tentunya dapat mengganggu kesehatan bahkan mengancam jiwa.

Berikut ini beberapa penyakit yang terjadi pada wanita :

  • Gangguan Menstruasi
 jenis penyakit yang dapat menyerang wanitaMenstruasi merupakan pendarahan bulanan yang berasal dari pelapis rahim melalui vagina pada wanita yang seksual dewasa dan tidak hamil. Lamanya pendarahan menstruasi rata-rata berlangsung antara 3-5 hari dengan siklus rata-rata 28 hari. menstruasi terkadang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan menjadi sangat menyiksa karena rasa sakit yang luar biasa (dymenorrhoea).

Wanita yang terlambat haid atau menstruasi yang tidak teratur karena telah terjadi abnormalitas pada siklus menstruasi, terlambat haid atau menstruasi tidak teratur terjadi karena adanya faktor gangguan hormon ataupun faktor fsikis, seperti stress, depresi, dan faktor lain yang dapat mempengaruhi kerja hormon.
  • Keputihan 
 jenis penyakit yang dapat menyerang wanita Keputihan merupakan suatu penyakit yang diderita wanita karena keluarnya cairan dari vagina secara berlebihan, cairan ini berwarna putih kekuningan baik cair maupun kental, berbau tidak sedap dan bisa menyebabkan gatal. 

Keputihan digolongkan menjadi dua golongan yaitu keputihan normal (fisiologis) dan keputihan abnormal (patologis). keputihan normal (fisiologis) adalah keputihan yang biasanya terjadi setiap bulan, biasanya muncul menjelang menstruasi atau sesudah menstruasi ataupun pada masa subur. Keputihan abnormal (patologis) dapat disebabkan oleh infeksi biasanya disertai dengan rasa gatal di dalam vagina dan di sekitar bibir vagina bagian luar.


Penyebab keputihan antara lain: infeksi oleh mikroorganisme seperti : jamur, bakteri, parasit, dan virus, gangguan keseimbangan hormon, stres dan kelelahan kronis, peradangan alat kelamin.
  • Menopause 
Menopause merupakan berhentinya menstruasi dan kesuburan secara permanen yang terjadi 12 bulan setelah menstruasi terakhir, kondisi ini normal yang akan dialami oleh setiap wanita seiring dengan bertambahnya usia dan bukanlah suatu penyakit medis. 

Usia menopause pada tiap wanita berbeda-beda, tapi menopause umumnya terjadi pada usia 50 tahun. ada juga sebagian wanita yang mengalaminya sebelum berusia 40 tahun. Inilah yang disebut menopause dini.



  • Kanker Serviks
Kanker serviks adalah pertumbuhan sel-sel abnormal dan tidak terkontrol pada serviks atau leher rahim. Kanker serviks menyerang pada bagian organ reproduksi kaum wanita, lebih tepatnya di daerah leher rahim atau pintu masuk ke daerah rahim yaitu bagian yang sempit di bagian bagian bawah antara kemaluan wanita dan rahim.

Berikut ini beberapa faktor penyebab kanker serviks: hubungan seks pada usia dini, berganti-ganti pasangan seksual, wanita yang merokok, sistem kekebalan tubuh yang lemah, banyak melahirkan anak, minum pil kontrasepsi dan terasa sakit saat melakukan hubungan seksual dan serta diikuti dengan pendarahan.
  • Kista Ovarium
Kista ovarium merupakan kantong abnormal berisi cairan atau setengah cair yang tumbuh dalam indung telur (ovarium), kista ovarium tidak bersifat kanker, tetapi perlu perhatian khusus untuk memastikan itu bukan berupa kanker.

kista ovarium umumnya tidak menimbulkan gejala yang khusus, namun gejala yang mudah dideteksi pada wanita penderita kista ovarium seperti: mual, muntah, kembung, buang air besar yang menyakitkan dan terasa sakit saat berhubungan seks.

  • Kanker Payudara
kanker payudara adalah suatu penyakit dimana terjadi pertumbuhan berlebihan atau perkembangan tidak terkontrol dari sel-sel (jaringan) payudara. Kanker payudara didefinisikan sebagai penyakit yang ganas, karena termasuk ke dalam salah satu jenis kanker yang menjadi penyebab kematian terbesar kaum wanita di dunia.

Kanker payudara dapat diakibatkan oleh beberapa faktor seperti berikut ini: Faktor reproduksi, penggunaan hormon, obesitas, konsumsi lemak, riwayat keluarga atau faktor genetik.

Semoga informasi ini bermanfaat, Terima kasih.



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.