Selasa, 13 Desember 2016

6 Penyebab Gangguan Menstruasi Pada Wanita


Selamat datang di situs kesehatan solusialamikesehatanwanita.blogspot.co.id, kami disini akan memberikan imformasi seputar kesehatan pada wanita.

 6 Penyebab Gangguan Menstruasi Pada Wanita

 6 Gangguan menstruasi pada wanita

Beberapa Gangguan Menstruasi Pada Wanita - Menstruasi merupakan proses keluarnya darah dari dalam rahim yang terjadi karena luruhnya lapisan dinding rahim bagian dalam yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi. 

Menstruasi merupakan hal biasa bagi setiap wanita, periode menstruasi dimulai pada usia remaja sampai menopause, pada umumnya menstruasi terjadi setiap bulan pada siklus yang normal, namun tidak sedikit wanita mengalami siklus menstrusi yang tidak normal, itu terjadi karena beberapa faktor seperti; stress dan berat badan berlebih.

Berikut ini 6 penyebab gangguan menstruasi pada wanita


  • Stress

Salah satu penyebab gangguan menstruasi adalah stress, jika wanita stress hal itu akan memicu terjadinya gangguan pada siklus menstruasi, yang akan memicu kelenjar adrenal memproduksi kortisol, hormon tersebut akan berdampak pada hormon reproduksi. Oleh karena itu sebaiknya para wanita menghindari stress supaya siklus menstruasi setiap bulan berlangsung lancar.
  • Berat Badan Turun
Menstruasi terlambat itu kemungkinan dialami oleh wanita yang mengalami gangguan makan, jika berat badan wanita kurang 10 dari berat badan seharusnya, kondisi tersebut dapat mengganggu fungsi tubuh akan berubah dan masa ovulasi terhenti. Mengobati gangguan makan dan menaikkan berat badan secara sehat dapat membuat siklus menstruasi normal.
  • Hormon Tidak Stabil
penyebab utama menstruasi tidak teratur adalah hormon yang tidak stabil. Hal itu terjadi karena wanita terlalu sibuk dengan segala aktifitasnya yang dapat mengakibatkan stress yang berlebihan dan membuat hormon menjadi tidak stabil, jika terjadi gangguan dalam hormon tersebut dapat menyebabkan siklus menstruasi wanita terganggu. 
  • Gangguan Kelenjar Tiroid 
Kelenjar tiroid yang terdapat pada leher berfungsi mengatur metabolisme tubuh wanita. Kelenjar ini juga berinteraksi dengan banyak sistem tubuh yang lain agar berjalan dengan semestinya. Tapi ketika terjadi ketidakseimbangan pada tiroid, Gangguan tersebut bisa berupa produksi kelenjar tiroid yang terlalu tinggi maupun terlalu rendah, maka akan berpengaruh juga terhadap kelancaran siklus menstruasi.
  • Alat Kontrasepsi atau Pil KB
Menstruasi bisa saja terganggu karena alat kontrasepsi atau pil KB. hal itu karena pil KB mengandung hormon estrogen dan progestin yang dapat mencegah indung telur melepaskan sel telur, Beberapa jenis pil kontrasepsi dengan dosis rendah bisa menyebabkan haid tidak teratur. Hal itu merupakan efek samping dari konsumsi pil KB, pil KB atau alat kontrasepsi yang ditanam atau disuntik juga dapat menyebabkan menstruasi terlambat.
  • Penyakit Kronis
Diabetes dan Penyakit celiac dapat mempengaruhi siklus menstruasi. Gula darah yang tinggi dan tidak stabil dapat berpengaruh pada perubahan hormon, diabetes yang tidak terkontrol dan tak stabil membuat menstruasi menjadi tidak teratur. Nah sedangkan penyakit celiac menyebabkan peradangan yang dapat membuat kerusakan pada usus kecil, sehingga menghalangi tubuh untuk menyerap asupan nutrisi penting, hingga menyebabkan menstruasi terlambat.

Semoga informasi dari kami bermanfaat, Terima kasih


6 Penyebab Gangguan Menstruasi Pada Wanita


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.