Senin, 30 Januari 2017

Definisi dan Pengertian Penyakit Amandel

Selamat datang dan Terima kasih sudah berkunjung di situs kesehatan solusialamikesehatanwanita.blogspot.com. Di sini kami akan memberikan informasi seputar kesehatan.

Definisi dan Pengertian Penyakit Amandel

 Definisi dan Pengertian Penyakit Amandel


Definisi dan Pengertian Penyakit Amandel - Penyakit amandel adalah penyakit yang disebabkan oleh kerusakan pada permukaan selaput lendir. jika sudah parah dapat menyerang dan merusak jaringan amandel. penyebab amandel adalah basil fusifomis dan basil spirlia yang memicu terjadinya peradangan atau pembengkakan pada amandel.

Amandel adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh, yang dirancang untuk melawan bakteri dan virus yang mencoba untuk masuk ke dalam tubuh melalui mulut. Amandel berbentuk oval, berwarna merah muda dari jaringan di kedua sisi tenggorokan. 

Memiliki fungsi untuk melawan bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh, terlalu banyak virus dan bakteri yang dicegah masuk ke mulut membuat amandel terinfeksi dengan sendirinya. Hal itu yang membuat amandel mengalami gangguan atau penyakit.

Namun jika amandel terserang oleh penyakit atau terinfeksi, gejala yang dirasakan pertama kali adalah sakit tenggorokan dan ketidaknyamanan pada tenggorokan , serta akan terasa sakit pada saat makan, minum atau menelan.

Penyebab utama dari penyakit amandel adalah 70% adalah makanan. Adapun makanan yang dapat menyebabkan amandel biasanya berupa gorengan, makanan pedas, minuman dingin, makanan berminyak, dan makanan lainya yang menyebabkan berkembangnya bakteri dalam kerongkongan. Amandel dalam tenggorokan akan membesar karena perlawanan dari kelenjar getah bening dengan bakteri-bakteri dalam mulut. Selain bakteri terkadang virus-virus yang masuk dalam tubuh melalui mulut juga dapat membuat pembengkakan dalam amandel.

Beberapa penyakit yang dapat ditimbulkan jika amandel terinfeksi oleh virus dan bakteri :

  • Radang tenggorokan
Peradangan yang terjadi pada amandel atau tonsil. Kondisi yang dinamakan juga dengan tonsilitis ini sebagian besar dialami oleh anak-anak, disebabkan oleh virus atau bakteri. Bakteri yang paling umum menyebabkan tonsilitis adalah streptokokus.
  • Batu amandel
Pertumbuhan sesuatu yang keras menyerupai batu di belakang tenggorokan. Batu amandel terbentuk ketika serpihan serpihan dari sisa makanan dan bakteri yang tertinggal di amandel sehingga mengeras dan terjadi batu amandel.

Sebagian besar penderita sering merasakan gejala yang ditimbulkan dari penyakit amandel ini. Berikut beberapa gejala penyakit amandel :
  • Susah bernafas.
  • Sering demam dan merasa kedinginan.
  • Sakit tenggorokan.
  • Sakit saat menelan.
Source :
  • http://www.robesonpediatrics.com/blog/post/understanding-tonsillitis.html
  • http://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=understanding-tonsillitis-1-2916
Semoga informasi dari kami bermnanfaat. Terima kasih

Baca juga tautan lainnya, klik dibawah ini


Definisi dan Pengertian Penyakit Amandel

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.